KURIKULUM SEKOLAH LITTLE FINGERS
a. Kurikulum dan Metode Pembelajaran
Little Fingers mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD 2013 dengan pengembangan pada tema yang disesuaikan dengan kebutuhan anak dan konteks sekolah, keluarga dan kebiasannya, budaya Indonesia, budaya internasional, nilai-nilai moral dan religiusitas, keberagaman, latar belakang social dan ekonomi, serta perkembangan pendidikan secara umum.
Little Fingers menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) serta Inkuiri, dimana anak-anak akan menguasai pengetahuan berdasarkan pengalaman nyata dalam proses belajarnya serta mampu menemukan sebuah konsep berdasarkan pengalamannya.
Dalam proses belajar di Little Fingers anak tidak hanya diajak untuk mengembangkan aspek kognisinya saja, seperti mengenal bentuk, huruf, angka, konsep ruang, konsep matematis dan konsep sains, namun anak-anak juga banyak dikenalkan dengan aspek life skill dan good kindness value universal seperti menghargai perbedaan, saling membantu, mandiri, menjaga kebersihan, dan menjaga alam. Dalam prakteknya anak-anak tidak hanya melakukan paper and pencil di dalam kelas saja, namun juga banyak melakukan kegiatan outdoor yang mengkombinasikan ketrampilan motorik kasar dan motorik halus anak dengan melakukan banyak eksperimen, game, praktek membuat sesuatu hand on activity , trip dan lainnya yang semakin menunjang perkembangan anak secara utuh.
Aspek yang dievaluasi dan dibuat dalam laporan murid setiap enam bulan sekali atau setiap semester adalah Personal , Emotional Development, Social, Moral, Math and Science Cognitive, Physical Development, Music, Language Skills , Practical Life Training, Art, dan Indonesian Culture.
Dalam penerimaan laporan hasil belajar siswa, Little Fingers mengajak anak ikut mempresentasikan di depan orangtua hasil belajarnya selama satu semester dengan istilah Exit Point, baik pada semester satu dan semester dua. Sedangkan dalam setahun atau setiap akhir Tahun Ajaran anak-anak akan menampilkan performance kegiatan ekstra kulikuler selama satu Tahun Ajaran.
b. Silabus Tematik
Tematik Sem 1 | Pengembangan Tema | Tematik Sem 2 | Pengembangan Tema |
My Self | Mengenal diri , cara merawat diri, menghargai, menumbuhkan kepercayaan diri | Invention | Mengenal berbagai penemuan, nama penemu, manfaat dan cara menggunakannya |
My Environment | Mengenal lingkungan, menjaga lingkungan, berbuat baik untuk lingkungan | Food and Baverage | Mengenal berbagai makanan dan minuman sehat, kandungan vitamin, cara mengkonsumsi |
Public Places | Mengenal tempat umum, manfaat, oring yang ada di lingkungan public places | Transportation and Occupation | Mengenal berbagai sarana transportasi darat, laut, udara dan air, orang yang bekerja di sarana transportasi |
Plants | Mengenal berbagai tanaman, bentuk, buahnya, bunganya, manfaat, cara menanam dan merawat tanaman | Indonesian Culture | Mengenal berbagai budaya Indonesia, pulau-pulau di Indonesia, suku, pakaian khas, adat istiadat |
Animal | Mengenal binatang, membedakan binatang darat, laut, peliharaan dan binatang yang hidup di kebun binatang, makanan kesukaan, cara merawat | Around the Word | Mengenal berbagai hal yang ada di dunia, benua, lautan, pulau, kultur berbagai Negara besar |
Nature and Earth | Mengenal bagian dari alam, pegunungan , lautan, daratan ,bencana alam dan langit dan tata surya | Water, Air , and Fire | Mengenal apa itu air, api dan udara, manfaatnya serta bahayanya, serta cara menjaganya agar tetap bisa dimanfaatkan |
c. Jadwal Pembelajaran
A. Kelas Grow, Smart, and Kindness (Kelompok Usia 3 – 6 tahun)
Day | Subject |
Monday | Math |
Tuesday | English |
Wednesday | Science |
Thursday | Bahasa Indonesia |
Friday | Religion |
Art and Indonesian Culture | |
Friday after school | Ekstrakulikuler: Batik Lukis Menyanyi Menari Theater |
B. Kelas Cheerful, Joyfull and Happyness (Kelompok Usia 2 – 3 tahun)
Time Table Cheerful, Joyfull, and Happyness
Time | Baby Class Activity | Nursery Activity |
07.00 | Free play | Free play |
09.00 | Aktifitas Belajar | Aktifitas Belajar |
10.00 | Snack dan minum susu | Snack dan minum susu |
– | ||
10.30 | Makan siang | |
11.30 | Ganti baju tidur siang | Makan siang |
12.00 | – | Ganti baju dan tidur siang |
14.15 | Snack sore atau makan sore | Snack sore |
14.30 | Mandi sore | Mandi sore |
15.00 | Minum susu dan tidur | Minum susu |
15.15 | Free play | Free play |
d. Program Kegiatan Sekolah Holistik Integratif
Program sekolah ini merupakan program rutin sesuai dengan Kalender Akademik sekolah
- Trip :belajar ke tempat-tempat yang bisa menjadi sumber belajar anak
- Resource person: mengundang nara sumber dengan pengetahuan dan ketrampilan spesifik untuk jadi sumber belajar bagi anak, mis: pilot, penari, wartawan, dan lainnya.
- Multiage Class: bergabung dengan kelas yang lebih tinggi atau rendah untuk mengembangkan ketrampilan tertentu, kemampuan peer tutoring, kerjasama, bahasa, ataupun saat kegiatan sekolah.
- Home Visit: mengunjungi rumah anak yang dalam rangka keperluan belajar maupun untuk keperluan pendekatan personal.
- Dentist and Health Visit: kunjungan dokter ke sekolah untuk pemeriksaan scanning kesehatan anak.
- School Event : adalah agenda pilihan sekolah, dimana sekolah memilih hari hari peringatan penting, baik internasional maupun nasional untuk dikenalkan kepada anak akan makna hari penting tersebut.
- Parenting : merupakan program rutin sekolah pada awal semester dan atau jika diperlukan sewaktu-waktu tergantung kebutuhan anak yang memerlukan diskusi terkait serta untuk memberikan pengalaman belajar menjadi orangtua yang kooperatif pada perkembangan anak.
(Lampiran 6)
e. Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakulikuler dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat pukul 10.15- 11.00 atau setelah anak pulang sekolah. Adapun kegiatan Ekstrakulikuler yang diberikan di sekolah adalah:
- Batik
- Melukis
- Menyanyi
- Menari
- Theather
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.